Sabtu, 10 Maret 2012

Lawang Sewu





   Bila anda sedang jalan-jalan di Semarang, sempatkan waktu untuk berkunjung ke Lawang Sewu. Lawang artinya pintu, sewu artinya sepuluh, jadi lawang sewu adalah seribu pintu. Dikatakan seribu pintu karena memiliki pintu yang sangat banyak, akan tetapi pada kenyataannya pintunya tidak mencapai seribu.  Lawang Sewu ini merupakan salah satu bangunan kuno yang terdapat di Semarang dan merupakan peninggalan jaman Belanda yang di bangun pada tahun 1904. Pada awalnya gedung ini berfungsi sebagai kantor pusat perusahaan kereta api (term) penjajah belanda. Gedung yang memiliki 4 lantai ini di desain bergaya art deco oleh arsitek ternama asal Belanda yaitu Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Lawang Sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Bangunannya sangat bagus dan besar. Memiliki jendela tinggi dan lebar sehingga masyarakat banyak yang menyebutnya dengan pintu.

    Bangunan Lawang Sewu sangat kental dengan suasana belanda. Jika kita kesana serasa berada di negeri Belanda. Bangunan utama Lawang Sewu berupa tiga lantai yang memiliki dua sayanp membentang ke bagian kanan dan kiri bagian.  Apabila pengunjung datang kesana dan masuk ke bangunan utama, mereka akan menemukan tangga besar untuk naik ke lantai kedua. Disela-sela tangga terdapat kaca yang menggambarkan sosok wanita belanda yang terbuat dari gelas Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin foto Pre-Wedding atau untuk foto buku tahunan

    Lawang Sewu pernah menjadi lokasi shooting sebuah film. Di film itu diceritakan bangunan ini adalah bangunan yang menyimpan misteri. Sering sekali tempat ini dijadikan sebagai tempat shooting karena bentuk bangunnya yang sangat mempesona dan memiliki keunikan tersendiri. Namun di tembok bangunan Lawang Sewu banyak terdapat coretan-coretan bekas para pengunjung yang tidak taat pada aturan. Bangunan ini harus dijaga dan dirawat karena merupakan saksi sejarah yang perlu diketahui oleh masyarakat Semarang, umumnya masyarakat Indonesia.


Sumber  foto :http/www.friendline.com



Nama     : Welma Yunia Sari
Kelas     : 1SA05
NPM     : 17611368

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © This is Welma's Blog !. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh