Kamis, 10 Oktober 2013

OBJEK WISATA DI KALIMANTAN TENGAH



Pantai Ujung Pandaran
 
Tak hanya di Jakarta atau tempat pariwisata di Pulau Jawa saja yang memiliki tempat-tempat wisata yang mempunyai pesona untuk dikunjungi, namun dikepulauan lain seperti di Pulau Kalimantan ternyata memiliki asset wisata yang tak kalah indahnya dengan di Pulau Jawa. Di Kalimantan Tengah, terdapat suatu pantai yang bernama Pantai Ujung Pandaran . Tepatnya pantai ini berada di Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Sekitar 80 km selatan jika dari pusat Kota Sampit. Pantai Ujung Pandaran termasuk jenis pantai yang landai.  
Pantai Ujung Pandaran ini adalah salah satu objek wisata yang menjadi kebanggan dari Kalimantan Tengah karena memiliki pemandangan yang indah dan suasanya sangat alami. Jika anda sedang merasa bosan dan ingin melepas kepenatan setelah letih bekerja, serta ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan damai,disinilah tempat yang sangat cocok. Objek wisata ini juga cocok untuk mahasiswa yang sedang liburan semester yang bingung mau kemana, bisa datang kesana untuk have fun. Berlibur bersama kekasih, sanak keluarga pun sangatlah enak.
Mengapa Pantai Ujung Pandaran pantas untuk dikunjungi oleh wisatawan? karena Pantai Ujung Pandaran memiliki suasana yang sangat indah dan menawan. Tak hanya itu, pantainya pun mempunyai hamparan pasir putih yang sangat luas serta mempunyai kekayaan biota laut yang sangat khas. Di Pantai tersebut juga banyak terdapat ubur-ubur, ikan pari, berbagai jenis ikan kecil yang hidup di terumbu karang, dan lain-lain. Ditepi pantainya, kita bisa melihat barisan pohon nyiur seakan melambai dan menjadi pagar pantai ini. Kita juga dapat melihat beberapa nelayan sedang beroperasi.
Biasanya Pantai Ujung Pandaran ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan setelah hari raya Idul Fitri, hari libur anak sekolah, tahun baru dan hari libur lainnya. Saat matahari terbit dan terbenamlah Pantai ini menunjukan keindahannya maka tak sedikit orang yang mengabadikan moment tersebut untuk berfoto.
Selain dapat menikmati pesona Pantai Ujung Pandaran, kita juga dapat melihat ritual adat Simah Laut oleh para masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Ritual adat Simah Laut ini dilakukan dari turun menurun. Simah Laut adalah ritual yang biasa dilakukan pada bulan syawal yang mempunyai fungsi untuk menolak bala bencana ketika para nelayan akan berlayar mencari ikan. Sebelum melakukan ritual ini, Pantai Ujung Pandaran dibersihkan terlebuh dahulu dan ritualpun dimulai dengan menaburkan sesaji ke laut. Ritual ini dipercaya oleh masyarakat untuk mendatangkan rezeki dan memberikan keselamatan.
So, tunggu apalagi?ayo kunjungi Pantai Ujung Pandaran. Mari kita lestarikan objek-objek wisata yang sangat banyak ini di Indonesia, negara kita sendiri. Masih banyak objek-objek wisata lainnya yang menjadi kekayaan Indonesia. Tak perlu sampai ke negeri orang untuk berlibur, karena di negara kita sendiri memiliki banyak sekali tempat-tempat yang sangat indah dan asik untuk dikunjungi. Salah satunya Pantai Ujung Pandaran ini.


Sumber foto :

hotelandvillascollection.com






Arboretum Nyaru Menteng

Di Kalimantan Tengah terdapat objek wisata yang bernama Arboretum Nyaru Menteng. Arboretum Nyaru Menteng ini  adalah sebuah kawasan hutan yang di dalamnya terdapat banyak spicies flora dan fauna, yang menjadi objek wisata menarik di kota tersebut. Arboretum Nyaru Menteng sangat dikenal sekali di Kalimantan Tengah. Kebanyakan jika orang-orang pergi ke Kalimantan Tengah, mereka mengunjungi Arboretum Nyaru Menteng. Disana juga terdapat orang utan dan kantung semar yang merupakan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara ataupun local untuk berkunjung kesana.
Lokasi yang tepat Arboretum Nyaru Menteng terdapat  di sebelah Timur jalan raya Tjilik Riwut Km 28 dari Palangka Raya menuju Kabupaten Katingan. Secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Tumbang Tahai Kecamatan Bukit Batu Kotamadya Palangka Raya, Kalimantan Tengah.
Berdasarkan letak garis lintang dan garis bujur, kawasan ini berada diantara 113° 46’ - 113° 48’ Bujur Timur dan 2° 0’ - 2° 02’ Lintang Selatan.
Luas Arboretum Menteng ini sekitar 65,2 hektare.  Letak objek wisata tersebut adalah bagian dari bumi perkemahan pramuka adalah kawasan pelestarian plasma nutfah ekosistem hutan rawa di Propinsi Kalteng.
Menurut Kepala Bidang Kepariwisataan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Anna Mennur sedang gencar-gencarnya mempromosikan objek wisata ini.
Selain keunikan dan beraneka ragam jenis flora disana, objek wisata ini mempunyai 200 ekor orangutan yang dianggap menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Berdasarkan sumber dari :
(http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/11/10/arboretum-nyaru-menteng-hutan-wisata-palangkaraya-411263.html)
hasil identifikasi, jenis pohon yang tumbuh di Arboretum Nyaru Menteng dapat digolongkan ke dalam 43 famili dengan jumlah species sebanyak 139 jenis.
Jenis-jenis yang telah teridentifikasi antara lain Ramin (Gonistylus bancanus), Meranti rawa (Shorea spp), Mahang (Macaranga maingayi), Geronggang (Cratoxylon arborescens), Makakang (Melastoma sp), Kapur Naga (Dryobalanop sp), Kempas (Koompasia malaccensis), Rengas (Gluta Rengas), Palawan (Tristania maingayi), Belangiran (Shorea balangeran), Punak (Tretramerista glabra).
Pohon yang tergolong langka di Arboretum Nyaru Menteng adalah Terentang (Camnospermum sp), Mentibu (Dactylocladus stenostachys), Bintangur (Callophyllum sp), Jelutung (Dyera costulata), Agathis (Agathis sp), Bangkirai (Hopea sp), Gelam Tikus (Melaleuca leucadendron), Jambu-jambu (Eugenia sp) dan Tumih (Combretocarpus rotundotus).
Selain itu terdapat 4 (empat) jenis Kantong Semar yang teridentifikasi di kawasan ini yaitu Nepenthes raffesiana, N. maxima, N. ampullaria dan N. Gracilis.
Jenis-jenis liana antara lain Aglaonema sp, Dianella sp, Cyrtosperma sp, Nephrolepsis sp. Dijumpai juga jenis-jenis Beringin (Ficus sp) mulai dari yang berbentuk semak sampai pohon.
Jenis-jenis eksotik yang berasal dari luar kawasan yang ditanam di kawasan ini antara lain Alau (Dacridium sp), Galam (Eucalyptus sp), Nangka (Arthocarpus heterophylus), Sinonim (Arthocarpus integra), Jambu Mente (Anacardium occidentale), Rambutan (Nephelium lappaceum), Saga (Adenathera microsperma), Akasia (Acacia auliculiformis), Sungkai (Peronema canescens), Cempedak (Arthocarpus cempedak), Durian (Durio zibethinus) dan Cemara (Casuarina sp).
Beberapa jenis satwa liar antara lain beberapa jenis burung seperti Beo (Gracula religiosa) dan Cucak Rowo (Pyocnonotus zeylanicus). Jenis lain seperti Biawak (Varanus sp), Ular, Monyet dan sesekali masih dijumpai orangutan liar (Pongo pygmaeus), Owa-owa (Hylobates muelleri) dan Tupai/Bajing.

Sumber foto :
naraituh.blogspot.com

Taman Nasional Tanjung Putting

Selain Arboretum Nyaru Menteng dan Pantai Ujung Pandan , di Kalimantan Tengah terdapat banyak sekali objek wisata yang wajib dilestarikan dan di promosikan ke berbagai negara lain agar mereka mengetahui bahwa negara Indonesia sangat kaya akan objek wisata dan memiliki beraneka macam budaya. Salah satunya adalah Taman Nasional Tanjung Putting. Taman nasional Tanjung Putting ini hampir serupa dengan Arboretum Nyeru Menteng yaitu kawasan hutan yang memiliki beraneka macam flora dan fauna. Taman Nasional Tanjung Puting mempunyai potensi yang sangat besar untuk objek wisata. Salah satu fungsi dari Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pariwisata dan rekreasi dalam arti wisata alam (ecoturism).
Disana terdapat banyak sekali orangutan. Jika anda ingin melihat hewan primata seperti orang utan ini di Indonesia, ya di Kalimantan Tengahlah tempat yang sangat tepat yang anda kunjungi karena disana banyak sekali objek wisata yang terdapat orangutan. Anda akan melihat langsung orangutan asli yang bersosialisasi dan berinteraksi dengan orangutan yang tinggal bersama. Bagaimana kehidupan mereka dan apa saja aktivitas mereka sehari-hari. Mulai dari orangutan yang sudah sangat jinak sampai yang masih liar ada disana. Namun tenang saja, mereka semua dikontrol oleh petugas yang cukup kompeten dalam menangani orangutan yang masih liar.
Tidak hanya orang utan, di Kalimantan Tengahpun memiliki kekayaan dalam bidang flora atau tumbuh-tumbuhan. Terdapat beragam jenis tumbuhan kantung semar . Lebih dari 600 jenis pohon, 200 jenis anggrek, hampir 250 spesies burung, 28 spesies mamalia besar, 9 spesies primata dan bentuk kehidupan masih banyak berbagi ruang mereka di dalam.
Taman Nasional Tanjung Putting memiliki luas tanah yaitu 415.040 ha.Taman Nasional Tanjung Puting di kelola oleh Balai Taman Nasional Tanjung Puting, sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan.
Tempat – tempat yang disinggahi di Taman Nasional Tanjung Putting berdasarkan sumber dari http://wisatatanjungputing.blogspot.com/:
1.    Tanjung Harapan dan Desa Sekonyer
Terletak di zona pengembangan Taman Nasional Tanjung Puting, kawasan ini cocok untuk kegiatan ekowisata, dilengkapi dengan sebuah Pusat informasi, Guest House, Menara Observasi. Di sana diadakan makan orangutan di sore hari. (90 Menit dari Kumai Dengan Perahu).

2.    Pesalat daerah Reboisasi.
Ini adalah area dalam zona Reboisasi khusus yang secara khusus ditetapkan untuk program reboisasi. Di sini, pengunjung di beri tanaman dan mengadopsi bibit pohon sudah disediakan dan akan di tepel papan nama mereka akan diletakkan di depan pohon setiap pengunjung yang melakukan penanaman pohon di daerah ini. Pesalat juga pusat pendidikan konservasi dan camping ground. (20 menit dari tanjung Harapan Dengan Perahu).

3.    Camp Leake
Kamp yang terkenal terletak dalam zona pengembangan khusus dan terkenal sebagai pusat penelitian orangutan dan pusat rehabilitasi. Tempat ini sangat dianjurkan dan wajib di kunjungi jika seseorang ingin melihat orangutan liar dan setengah-liar dan juga pemberian makan orangutan. (60 Menit dari Pondok Tangguy oleh Perahu).

Sebenarnya banyak sekali objek wisata di Indonesia selain hanya di Pulau Jawa saja. Jadi mari kita kunjungi objek wisata lainnya demi melestarikan dan memperkenalkan kepada negara lain bahwa Indonesia sangatlah kaya akan kawasan wisata dan tak perlu lagi keluar negeri sendiri untuk mencari hiburan.

Sumber foto : http://wisatatanjungputing.blogspot.com/



NAME   : WELMA YUNIA SARI
CLASS  : 3SA05
NPM      : 17611368
SUBJECT : KEPARIWISATAAN (SOFTSKILL)
 
 

 




1 komentar:

Unknown mengatakan...

good post gan..
i like it :D
Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di TOURS MINANGKABAU
Terima kasih

Posting Komentar

 
Copyright © This is Welma's Blog !. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh