Kamis, 04 Oktober 2012

KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

       Manusia adalah salah satu ciptaan Allah swt paling sempurna yang diberi akal pikiran paling tinggi dibandingkan dengan hewan atau binatang. Manusia tidak dapat melangsungkan kehidupan dan berkembang biak tanpa adanya orang lain, maka dari itu manusia dikatakan makhluk sosial. Makhluk sosial bersifat saling ketergantungan dan saling membutuhkan satu sama lain dan perlu adanya rasa saling tolong menolong atau gotong royong. Rasa saling tolong menolong itulah yang menjadi cerminan dari orang-orang bangsa timur. Bangsa timur yang dikenal memiliki ciri khas yaitu ramah tamah ,sopan santun ,malu,sungkan dan saling toleransi menjadi suatu budaya tersendiri bagi orang-orang bangsa timur. 
      Budaya adalah suatu hal yang melekat pada suatu kelompok atau individu yang memiliki adat kebiasaan tersendiri yang biasa dilakukan. Bila dibandingkan dengan bangsa barat, bangsa timur dikenal lebih baik dari bangsa barat namun dibalik itu semua masing-masing bangsa memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri.Benua Asia identik disebut dengan bangsa timur mayoritas penduduknya memiliki kulit berwarna sawo matang, bola mata dan rambut berwarna hitam namun minoritas yang berkulit putih dan bermata sipit. Indonesia memiliki beragam budaya, suku,bahasa dan adat istiadat. Indonesia termasuk dalam bagian negara-negara yang ada dalam posisi benua asia memiliki adat yang disebut adat ketimuran. Indonesia yang tergabung dari berbagai suku dan terkenal dengan keramahtamahan masyarakatnya dan tingginya rasa saling menghormati antar sesama. Indonesia sangat berbeda dengan negara-negara barat, karena pandangan hidup dan kebiasaan masyarakatnya yang berbeda. Dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia yang memiliki adat ketimuran, rasa toleransi, ramah, sopan santun, saling menghargai dan gotong royong selalu menjadi dasar hidup masyarakat Indonesia. Sebagian besar penduduk Indonesia menggunakan pakaian yang sopan dan tertutup mungkin dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama islam serta menjunjung tinggi nilai dan norma-norma yang berlaku. 
       Namun sayang sekali dewasa ini sebagian besar masyarakat Indonesia tidak memiliki sifat ciri khas dari bangsa timur yang mencerminkan saling toleransi, saling menghormati, saling gotong royong dan menjunjung norma-norma yang ada. Hanya masyarakat pribumi saja yang masih mengindahkan nilai-nilai tersebut seperti di pedesaan. Masyarakat Indonesia kini sedang mengalami krisis akhlak dan sumber daya manusianya. Banyak para pelajar dan mahasiswa di Indonesia sering melakukan tindakan anarkis seperti tawuran, melakukan tindakan aroganisme terhadap kelas junior, mencontek dan demo yang mengakibatkan kerusuhan. Kini pelajar dan mahasiswa tidak lagi dipandang sebagai kaum intelektual. Disekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi seharusnya tidak saja menekankan mereka dalam bidang akademiknya saja namun akhlaknya pun harus tinggi pula. 
      Mereka harus diberikan pendalaman yang tinggi dan seimbang pula dalam hal keagamaannya. Bagi para pelajar dan mahasiswa sebagai generasi muda serta kaum intelektual yang membaca tulisan saya ini ayo mulai dari sekarang kita saling bahu membahu dalam membangun kembali citra bangsa kita yang mencerminkan sifat sopan santun, ramah tamah, saling toleransi, saling mehormati dan saling tolong-menolong. Mari kita bersama-sama membangun bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Stop anarkis!Stop keributan!hidup cinta damai!



Nama   : Welma Yunia Sari
Kelas   : 2SA05
NPM   : 17611368
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar
TULISAN KE-1

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © This is Welma's Blog !. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh