Jumat, 06 April 2012

Wisata ke Saung Angklung Udjo

   Jawa Barat merupakan surganya berwisata. Berbagai macam wahana liburan disajikan. Salah satunya adalah Saung Angklung Udjo. Saung Angklung Udjo (SAU) terdapat di Jalan Padasuka No. 118, Bandung Timur - Jawa Barat. Saung Angklung Udjo adalah suatu tempat workshop kebudayaan, yang merupakan sebagai tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan lokasi instrumen musik dari bambu. Selain itu, SAU mempunyai tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung. Disana sering dilakukan sebagai pusat pendidikan, penelitian angklung-seni dan kebudayaan sunda. SAU berdiri pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena bersama sang istri tercinta yaitu Uum Sumiati. Mereka mendirikan tempat itu dengan motivasi untuk melestarikan budaya sunda dan mengembangkan seni-seni sunda agar tidak punah dan digemari masyarakat khusunya masyarakat sunda dan umumnya masyarakat Indonesia.

  SAU mengilustrasikan alam dan budaya dalam keharmonisan, tidak mengherankan SAU menjadi tujuan wisata kebudayaan sunda sebagai warisan kekayaan cagar budaya dunia. Terletak di wilayah Bandung Timur, SAU merupakan tempat sempurna untuk menikmati kesegaran udara dan keindahan dari hasil kerajinan bambu dan suara musik dari instrumen bambu.

   Beberapa atraksi yang akan kita dapatkan disana seperti :
  1. Pertunjukan Bambu Petang
     Di Pertunjukan ini terdapat beberapa penampilan yang spektakuler, seperti : demonstrasi Wayang Golek, upacara Helaran, tari tradisional, Angklung pemula, Angklung orkestra, masal dan Arumba. Di akhir pertunjukan, para penonton akan diajak untuk menari bersama anak–anak. Pertunjukan Bambu Petang dikembangkan dari sebuah konsep Kaulinan Urang Lembur yang diciptakan oleh Udjo.
 
   
  2. Workshop Saung Angklung Udjo
 Program ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk membuat Angklung sendiri, dan akan dimainkan dalam pertunjukan bambu Kaulinan Urang Lembur – Angklung yang telah dibuat dapat dibawa pulang sebagai cenderamata.
 
3. Awi (Interaktif dan Orkestra)
Paket ini berisikan Iwung dan Angklung orkestra. Permainan Angklung orkestra membawa filosofi Angklung sebagai alat pemersatu yang dipercaya dapat menumbuhkan semangat patriotik, sehingga terkadang dapat menggugah sisi emosional penonton.

4. Arumba (Alunan Rumpun Bambu)
Sebuah bentuk inovasi baru dari instrumen bambu. Menggunakan tangga nada diatonik, sehingga Arumba dapat memainkan beragam jenis musik yang berbeda, dari tradisional, klasik, hingga kontemporer. Karena formatnya yang menyerupai band, Arumba dapat menyesuaikan berbagai macam kebutuhan acara Anda.

  
     5. Pertunjukan Sunda Lainnya
Mempersembahkan pertunjukan kesenian dan kebudayaan Sunda lainnya – mulai dari tarian Rampak Kendang dan Calung Cilik hingga prosesi upacara dan aktivitas masyarakat Sunda lainnya.


Sumber  :http://www.angklung-udjo.co.id/id/attraction/art-performance/


Nama      : Welma Yunia Sari
Kelas      : 1SA05
NPM      : 17611368


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagus banget gan infonnya ... tempat wisata indonesia

Posting Komentar

 
Copyright © This is Welma's Blog !. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh