Jumat, 27 Januari 2012

Cara Penentuan Golongan&Periode Suatu Atom/Unsur pada tabel Periodik Unsur

1. Penentuan golongan unsur/atom berdasarkan pengisian elektron terakhir pada konfigurasi elektron
    - apabila pengisian elektron terakhir pada sub kulit "s" maka golongan utama(golongan A). Nomor golongannya berdasarkan jumlah elektron yang terdapat pada sub kulit s (kemungkinan golongannya 1A dan 2A)
  - apabila pengisian elektron terakhir pada sub kulit "p" maka golongan utama(golongan A). Nomor golongannya jumlah elektron yang terdapat pada sub kulit "p" (kemungkinan golongan 1B-8B)
  -apabila pengisian elektronnya berakhir pada sub kulit "d" maka golongannya bagian B atau bagian transisi. Nomor golongannya jumlah elektron "s" ditambah dengan elektron "d" (kemungkinan golongan 1B-8B)
  -Jika jumlah elektron sub kulit "s" ditambah dengan jumlah elektron "d" adalah sama dengan 9 maka termasuk golongan 8B.
  -Jika jumlah elektron sub kulit "s" ditambah dengan jumlah elektron "d" sama dengan 10 maka termasuk golongan 8B.
  -Jika jumlah elektron subkulit "s" ditambah dengan jumlah elekrton "d" adalah sama dengan 11 maka termasuk ke dalam golongan 1B.
  -Jika jumlah elektron subkulit "s" ditambah dengan jumlah elektron "d" adalah sama dengan 12 maka termasuk ke dalam golongan 2B.
  -Apabila pengisiannya elektronnya itu berakhir pada subkulit "f" maka termasuk ke dalam golongan lantanida/aktinida. Golongan 7 adalah golongan Aktinida.

2. Cara penentuan periode unsurnya ditentukan oleh nomor kulit yang paling besar.

Golongan 1A kecuali Hidrogen,2A,3A dan golongan transisi (1B-8B) adalah golongan logam.
Golongan 4A,5A,6A,7A adalah golongan non logam.
Pada tabel sistem periodik unsur di sebelah kiri adalah golongan yang mempunyai ikatan positif sedangkan pada sebelah kanan adalah golongan yang mempunyai ikatan negatif. Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat adanya serah terima elektron nonlogam dan logam. Nonlogam dan logam dapat membentuk ikatan sedangkan nonlogam dengan nonlogam tidak dapat membentuk ikatan.

Nama : welma yunia sari
NPM :17611368
Kelas: 1sa05

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © This is Welma's Blog !. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh